Concrete Show South East Asia

11 - 14 SEPTEMBER 2024

Jakarta International Expo, Jakarta - Indonesia

Pengumuman! PUPR Bakal Lelang Pengelolaan Jalan Tol IKN

Concrete Show South East Asia > News > Pengumuman! PUPR Bakal Lelang Pengelolaan Jalan Tol IKN

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal melelang pengelolaan jalan tol di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang saat ini tengah dalam tahap konstruksi.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menjelaskan lelang tersebut bakal dilakukan apabila proses konstruksi jalan tol di IKN telah sepenuhnya rampung diekerjakan. Dia menuturkan, lelang dilakukan untuk mencari badan usaha jalan tol (BUJT) yang bakal melakukan pengelolaan dan operasional jalan tol di IKN.

“Iya akan dilelang ke Badan Usaha Jalan Tol untuk operasionalnya nanti,” kata Basuki saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Basuki lantas mencontohkan sejumlah proyek jalan tol yang dibangun menggunakan APBN kemudian dilakukan lelang. Beberapa di antaranya yakni Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban serta Jembatan Suramadu.

Untuk diketahui sebelumnya, pembangunan jalan Tol IKN Nusantara yang sedang berjalan saat ini terdiri dari tiga seksi yakni Tol 3A Karang Joang – KKT Kariangau sepanjang 13,4 km progres 77,59%, dan Tol 3B KKT Kariangau – Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km progres 86,09%.

Kemudian, Jalan Tol IKN Seksi 5A Simpang Tempadung – Jembatan Pulau Balang sepanjang 6.7 km saat ini progresnya tercatat mencapai 83,62%.  Adapun, target konstruksi jaringan Jalan Tol Akses IKN itu ditargetkan dapat rampung dan mulai fungsional pada Agustus 2024.

Read more…

Source: Bisnis.com