Concrete Show South East Asia

11 - 14 SEPTEMBER 2024

Jakarta International Expo, Jakarta - Indonesia

Beda dari yang Lain, Ini Teknologi Konstruksi Semi Terowongan Nagreg

Concrete Show South East Asia > News > Beda dari yang Lain, Ini Teknologi Konstruksi Semi Terowongan Nagreg

Kala melintasi Jalur Nagreg di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tim Merapah Trans-Jawa 2024 mendapati sebuah terowongan yang bentuknya berbeda dari lainnya. Terowongan itu tidak tertutup penuh pada bagian atasnya, terdapat rongga-rongga yang memang didesain sedemikian rupa. Sehingga pancaran sinar matahari menyeruak masuk ke dalam. Terowongan yang dimaksud ialah semi terowongan Nagreg, mulai beroperasi pada tahun 2011 silam.

Semi terowongan sepanjang 400 meter ini memiliki lebar jalan mencapai 13 meter dan tingginya mencapai 10 meter. Semi terowongan Nagreg awalnya merupakan tebing tinggi, namun kemudian digali sedalam 50 meter. Lalu di pinggiran tebing yang digali, dipasang penyangga dinding atau corrigate sheet pile‎. Kemudian untuk bagian atasnya dipasangi 130 balok beton secara horizontal dan berjarak supaya masih terang.

Haryono, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Nagreg mengungkapkan setidaknya ada dua inovasi dalam pengerjaan Jalan Lingkar Nagreg yang tidak ditemui di tempat lain, yakni ruas jalan semi terowongan sepanjang 400 meter dan teknologi beronjong berangkur untuk menahan jalur tanjakan menuju semi terowongan. Semi terowongan itu dibuat untuk menahan longsoran dari sisi kanan dan kiri. Teknologi yang dipakai bernama corrugated sheet pile. Dengan teknologi tersebut, kemiringan jalan dari sebelumnya 18 persen menjadi 10 persen, sehingga lebih ringan ditanjaki.

See more…

Source: Kompas.com