11 - 14 SEPTEMBER 2024

Jakarta International Expo, Jakarta - Indonesia

Ponorogo Punya Lab Konstruksi Berstandar Internasional, Ini Layanan yang Dibuka

Concrete Show South East Asia > News > Ponorogo Punya Lab Konstruksi Berstandar Internasional, Ini Layanan yang Dibuka

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, kini memiliki laboratorium untuk menjaga mutu pekerjaan konstruksi yang telah berstandar internasional. Laboratorium ini bisa dimanfaatkan masyarakat umum.

Laboratorium bidang konstruksi ini telah berstandar internasional, seperti American Association of State Highway and Transpor (AASHTO), American Standard Testing and Material (ASTM), dan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kepala DPUPKP Ponoroog, Jamus Kunto Purnomo, mengatakan seluruh instrumen pengujian telah terkalibrasi sehingga memberikan jaminan pelayanan yang tepat dan akurat. Dia menyampaikan peralatan canggih di laboratorium bahan bangunan tersebut mampu bekerja secara otomatis sehingga uji dapat dipertanggungjawabkan.

Jamus menuturkan layanan uji laboratorium itu meliputi perancangan material beton dengan persyaratan dan spesifikasi khusus, pengujian mutu bahan dan sifat material, pengujian material pada struktur eksisting, dan penyelidikan daya dukung tanah dasar.

“Kami juga menyediakan advis konsultasi teknis,” kata dia yang dikutip dari rilis resmi Pemkab Ponorogo, Kamis (18/5/2023).

Lebih lanjut, dia menuturkan layanan laboratorium ini bisa dimanfaatkan oleh penyedia jasa konstruksi, pengawas proyek, maupun pihak pengguna jasa konstruksi. Untuk syaratnya cukup mudah, yaitu pemohon mengajukan surat ke kepala DPUPKP dan menyertakan sampel benda uji.
Read more…

Source: solopos.com

Show Map